DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

"BLACK KAMUYANG" SAPI ANGUS PERTAMA HASIL TRANSFER EMBRIO DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Admin
Kamis, 03 Februari 2022
886 Dibaca
...

LIMA PULUH KOTA. Nama "Black Kamuyang" diambil dari gabungan antara warna khas angus yaitu hitam dan daerah kelahiran sapi yaitu di Nagari Sungai Kamuyang. Sapi dengan rumpun Angus ini adalah sapi hasil teknologi perkawinan dengan metode Transfer Embrio (TE).  Sapi "black kamuyang" lahir dengan normal dan sehat serta berjenis kelamin betina. Sapi "black kamuyang" Ini lahir pada tanggal 18 Januari 2022. Merupakan hasil TE yang dilakukan oleh Satria Rizal, salah seorang petugas Inseminator Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lima Puluh Kota.


Sapi "black kamuyang" lahir berbarengan dengan sapi simmental yang di Inseminasi Buatan (IB) 7 hari sebelum black kamuyang ditanamkan di uterus Induknya. Saudara kembar black kamuyang sendiri merupakan sapi simmental hasil IB yang berjenis kelamin jantan dan juga dalam kedaan sehat.

Sapi "Black Klamuyang" adalah sapi milik salah  satu peternak nagari Sungai Kamuyang yaitu Bapak Suhendri. Black kamuyang memiliki catatan pedigree dengan induk "table top angus N047" dan Bapak "jindra 3RD dimension". Embrio black kamuyang sendiri merupakan hasil produksi dari Balai Embrio Ternak Cipelang Bogor Jawa Barat.

Saat ini "Black Kamuyang" telah memiliki sertifikat Kelahiran yang langsung dikeluarkan oleh Balai Embrio Ternak Cipelang Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. Semoga dengan lahirnya "Black Kamuyang" hasil TE ini dapat menumbuhkan semangat peternak dan petugas untuk menghasilkan sapi unggul melalui program Teknologi TE, serta "Black Kamuyang"  dapat tumbuh dengan sehat dan baik dan dapat dijadikan sapi indukan unggul yang berasal dari kabupaten Lima Puluh Kota. (Intan Kusuma Dewi, S.Pt - Pengawas Bibit Ternak)

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback