DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

BANTUAN HIBAH BANK PAKAN UNTUK KELOMPOK TANI DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Admin
Jumat, 30 Desember 2022
332 Dibaca
...

Pakan merupakan komponen biaya produksi terbesar dalam usaha peternakan yang mencapai 70%. Bank Pakan adalah wadah yang dipergunakan untuk menyimpan sekaligus menyajikan pakan yang penyediaannya secara sistem stok. Bank pakan juga berfungsi untuk melindungi pakan dari pengaruh lingkungan seperti, perubahan suhu dan kelembapan yang terlalu ekstrem, paparan sinar matahari secara langsung, air hujan, serta hewan pengerat dan burung. Lokasi pembangunannya berada pada sisi sekitaran kandang serta harus memperhatikan aspek kemudahan dalam pengisian bahan pakan. Dengan demikian, lokasi bank pakan harus memiliki akses transportasi. Bank pakan dibangun untuk menjamin ketersediaan pakan ternak sepanjang tahun, bank pakan bisa menjadi solusi karena merupakan komoditas baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat petani dan peternak. Bank pakan ini nantinya berperan dalam mengelola pakan dari bahan pakan segar menjadi bahan pakan olahan yang salah satunya pakan berbentuk pellet.

Tahun Anggaran 2022 melalui DAK yang bersumber dari dana APBN,  Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan bantuan hibah bank pakan kepada 2 Kelompok Tani di Kecamatan Payakumbuh yaitu KWT Bunga Padi di Nagari Sungai Beringin dan Kelompok Tani Namang Permai di Nagari Koto Baru Simalanggang. Masing-masing kelompok tidak hanya menerima bangunan gudang pakan saja tetapi lengkap dengan prasarana dan sarananya yang terdiri dari:

  1. Gudang 1 unit;
  2. Instalasi Listrik 1300 V 1 unit;
  3. Kendaraan bermotor roda tiga Viar Karya 300 cc 1 unit;
  4. Hammer Mill Kohpad KOHPAD HGM 300 SS 1 unit;
  5. Mixer KOHPAD MM 250 SS 1 unit;
  6. Pelletizer 1 unit;
  7. Gerobak Dorong 2 buah;
  8. Timbangan Duduk 1 unit;
  9. Mesin Jahit Portable 1 unit + 102 buah benang;
  10. Sekop 3 buah;
  11. Karung Plastik 1250 lembar;
  12. Plastik Inner 1250 lembar.

 

Kelompok Tani selain menerima gudang dan prasarana dan sarananya kelompok juga diberikan Bimbingan Teknis pembuatan pakan kosentrat dalam bentuk pellet untuk ternak unggas dan ternak ruminansia dan SOP menggunakan mesin-mesin yang digunakan untuk produksi pakan. Bank pakan ini difungsikan untuk membuat pakan kosentrat berupa pellet untuk ternak unggas di KWT Bunga Padi dan pakan ternak ruminansia di Kelompok Tani Namang Permai. Dengan adanya bank pakan ini diharapakan kelompok bisa memproduksi pakan ternak untuk kebutuhan ternak di Kabupaten Lima Puluh Kota khusunya juga bisa mensuplai ke daerah luar Kabupaten, dengan demikian pendapatan kelompok juga akan meningkat.

 

(Riva Matasari, S.Pt – Pengawas Mutu Pakan Ahli Pertama ).

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback