DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

PENYERAHAN BANTUAN PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT BAGI KELOMPOK TANI/TERNAK DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Admin
Selasa, 17 Oktober 2023
102 Dibaca
...

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, S.P menyerahkan bantuan sektor peternakan dalam kunjungan kerjanya ke Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota pada Jumat (13/10/23). Bantuan untuk Kabupaten Lima Puluh Kota, bernilai total Rp3.221.100.400, dengan rincian ternak ayam sebanyak 14.000 ekor bagi 28 kelompok, bantuan Itik sebanyak 2.000 ekor bagi 4 kelompok, bantuan kambing sebanyak 150 ekor bagi 3 kelompok, serta bantuan pakan dan obat-obatan. Bantuan ini dalam rangka mendukung Program Unggulan (Progul) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota drh. Devi Kusmira selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lima Puluh Kota menerima bantuan secara simbolis dari Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, S.P. Bantuan yang diberikan berasal dari APBD Provinsi yaitu berupa 14.000 ekor ayam KUB (unsexing) yang nantinya disalurkan kepada 28 kelompok tani/ternak, 2.000 ekor Itik kepada 4 kelompok yang masing-masingnya mendapatkan 500 ekor itik (400 ekor betina dan 100 ekor jantan), 150 ekor kambing kepada 3 kelompok dimana masing-masing kelompok akan mendapatkan 50 ekor kambing (10 ekor jantan dan 40 ekor betina) serta bantuan pakan dan obat-obatan.

Selain itu juga disalurkan bantuan berupa alat dan mesin pertanian brigade alsintan, satu unit cultivator, dua unit traktor roda dua capung metal, satu unit traktor roda dua rotary, satu unit mesin potong rumput, serta lima unit handsprayer. Bantuan ini adalah bentuk stimulan terhadap usaha kelompok peternak dari Pemprov Sumbar. Melalui skema pemberdayaan ini diharapkan, usaha masyarakat semakin berkembang dan ketahanan pangan daerah juga ikut terjaga.

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback